KITA TELAH MEMILIH POLTEKPAR LOMBOK

Opini98 Dilihat

OLEH : SIRWJUDDIN / DOSEN POLTEKPAR LOMBOK – PRODI PP

OBORBIMA – Selamat siang dan Salam Pesona Indonesia. ” Indonesia Tumbuh dan Indonesia Tangguh dengan Berkembang Wirausaha pariwisata dan berdampak pada meningkatnya arus kunjungan perjalanan wisata di NTB dan Indonesia”.

Satu minggu tepatnya tanggal 17 September 2021 saya menyempatkan diri melihat kegiatan kreatifitas mahasiswa dengan nama Inkubator bisnis Mahasiswa Poltekpar Lombok di GEDUNG LOBBY REKTORAT POLTEKPAR LOMBOK.

Kegiatan ini bersinergi dengan UMKM lokal di NTB. Sangat menarik dan unik serta khas sehingga dapat melengkapi ketrampilan dan profesionalisme mahasiswa dan alumni Poltekpar Lombok dalam start-up Business dibidang pariwisata sesuai dengan department mereka masing-masing dan diharapkan mampu memberikan nilai tambah (Value added ) bagi Mahasiswa dan alumni ditengah-tengah masyarakat sekitar setelah tamat dan mampu berwirausaha dan mampu menciptakan usaha.

Saya mencoba mengaplikasikan momen tersebut dengan memberikan opini sekaligus membuat desain video digital dengan judul “Sinergi Inkubator Bisnis Poltekpar Lombok.

Karya dan opini sederhana ini saya harap menjadi impulse bagi mahasiswa dan kita mewujudkan Poltekpar Lombok Kampus wirausaha berdaya saing internasional ke depan dan berharap informasinya sampai pada publik bahwa kita Poltekpar Lombok memiliki keunggulan Komparatif yang sangat kuat dalam wirausaha dibidang pariwisata sesuai jurusan yang ada di Poltekpar Lombok yaitu Pengaturan Perjalanan Wisata ( Travel Arrangement), Divisi Kamar ( Room Division ) Seni Kukiner ( Culinary) dan Tata Hidang ( Foods and Beverages ).

Karya – karya mahasiswa kita cukup baik dan menarik walau masih masih harus dimantapkan dari aspek desain produk, products packaging, logo products, dan branding products sehingga pasar dapat menerima dengan baik karya mahasiswa ini.

Komitmen pimpinan Poltekpar Lombok dan sivitas sangat kuat sehingga cita – cita Poltekpar Lombok menjadi ‘ A World Class Tourism Polytehnic. Akan dapat terwujud di masa yang akan datang.

Poltekpar Lombok telah mendeclare dirinya Tahun 2025 menjadi Unggul di Asia dalam bidang Pariwisata adalah sebuah tuntutan sekaligus tuntunan dan menjadi challenge bagi kita semua untuk maju dan berkarya.

Hal ini sejalan pula dengan Motto hidup Poltekpar Lombok “Mengabdi melalui Karya Terbaik”. Kita optimis slogan yang selalu kita sampaikan ini every moment seakan dapat diwujudkan secara nyata dan tuntas serta maksimal oleh semua sivitas Poltekpar Lombok dengan hati kita ada di Poltekpar Lombok dan suara kita ada di masyarakat Indudtri Pariwisata dan jiwa kita ada dalam setiap kebijakan pimpinan untuk bersama-sama kita wujudkan dengan slogan ” Yes We Can”.

“POLTEKPAR LOMBOK YES WE MAKNANYA CUKUP MENANTANG DAN SEKSI bagi kita untuk terus berkarya, bergerak, beradaptasi, inovasi dan kolaborasi memajukan Poltekpar Lombok.

Beberapa point penting dari aktifitas diatas yang menjadi perhatian adalah, Keberanian Mahasiswa dan alumni untuk tampil terbuka dengan menujukan kompetensi, kemampuam libby, kemampuan komunikasi dan rasa percaya diri yang tinggi dalam menjelaskan secara cekatan dan profesional terkait berbagai kegiatan kewirwusahaan yang dilaksanakan.

Jiwa wirausaha mahasiswa dan Alumni sangat kuat dengan cara kolaborasi dan alimni serta para dosen sangat baik. Ini dibuktikan tingkat kehadiran alumni mahasiswa, dosen dan pimpinan dalam mendukung acara sangat efektif.

Lalu, adanya Komitmen jajaran pimpinan Poltekpar Lomnok memberikan ruang kreatifitas bagi mahasiswa dan alumni untuk melakukan fashion products hasil2-hasil karya mereka di Kampus dan memimiki nilai kualitas dan jual yang layak di pasar nasional dan internaional.

Produk Inkubator bisnis Poltekpar Lombok Layak menjadi salah showcase product dalam menyambut WSBK Mandalika 2021yang akan dilaksanakan bulan November 2021 dan MotorGP Indonesia Awal Maret 2022 dimana oleh Motor Kalender Indonesia isunya sudah ada dalam jadwal.

Produk Inkubator Bisnis Poltekpar Lombok Layak masuk pasar Nasional dan layak ada Poltekpar Lombok Outlet di Kampus Poltekpar Lombok sebab jika ada tamu yang datang ke Poltekpar produk Souvenir hasil Inkubator Bisnis mahasiswa dan alumni kita.

Perlunya ada Bunisess Plan bagi semua produk Inkubator Bisnis hasil karya dosen, mahasiswa dan alumni baik non hak cipta maupun yang akan diusulkan hak cipta.

Perlunya ada Festival Poltekpar Lombok dimasa yang akan datang dengan menampilkan semua hasil karya Tri Dharma PTNP khususnya di Poltekpar Lombok.

Perlunya pemantapan Poltekpar Lombok pusat pengembangan produk halal berbasis hasil karya mahasiswa, alumni dan dosen.

Perlunya dirangsang mahasiswa dan alumni untuk mengimplementasikan motto “Mengabdi dengan Karya Terbaik” setiap dengan memperoleh reward dan hadiah yg mendukung bakat para pemenang agar sustainable dan mampu menxiptakan generasi wirausaha lariwissta yang tangguh.

Semoga bermanfaat tulisan ringan ini. Lembo Ade. AMPEN. Tampi Asih. Matur Suksma. Mator Sakalankong. Matur Nuhun.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *