Pj. Wali Kota Bima Beri Bantuan Pemberdayaan Masyarakat Kepada PKH Kelurahan Rite

Pemerintahan261 Dilihat

KOTA BIMA.OBORBIMA.ID – Pj. Wali Kota Bima, H. Mohammad Rum, memberikan bantuan pemberdayaan masyarakat kepada Program Keluarga Harapan (PKH) di Kelurahan Rite pada hari Selasa, 11 Juni 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian sosialisasi program Dinas Sosial Kota Bima yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat setempat.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Sosial Kota Bima, Kepala DP3A Kota Bima, Camat Raba, serta lurah dari seluruh kelurahan di Kecamatan Raba.

Program pemberdayaan ini menyasar PKH di Kelurahan Rite dengan memberikan peralatan stimulan yang dirancang untuk mendorong kegiatan perekonomian warga serta menunjang pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di tengah masyarakat.

Dalam sambutannya, H. Mohammad Rum menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat untuk mencapai tujuan pemberdayaan ekonomi.

“Bantuan ini diharapkan dapat menjadi pemicu bagi warga untuk lebih giat dalam mengembangkan usaha mereka, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup keluarga dan lingkungan sekitar,” ujarnya.

Kegiatan pemberian bantuan ini juga memiliki tujuan untuk mendorong pertumbuhan sektor ekonomi kreatif bagi masyarakat terutama penyandang disabilitas, lansia dan keluarga harapan dalam menyokong kemandirian ekonomi keluarga mereka.

“Pemerintah Kota Bima berkomitmen untuk menyusun skema bantuan dan mendorong terwujudnya program Yayasan Pemkot Beramal untuk mengatur tata kelola bantuan sosial seperti ini” tambah H. Mohammad Rum.

Kepala Dinas Sosial Kota Bima menambahkan bahwa program ini merupakan salah satu langkah strategis untuk mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kualitas hidup warga.

“Dengan adanya dukungan berupa peralatan stimulan ini, kami berharap para penerima PKH dapat lebih produktif dan mandiri secara ekonomi,” katanya.

Selain pemberian bantuan, acara ini juga menjadi ajang untuk berdiskusi dan bertukar pikiran antara pemerintah dan masyarakat terkait upaya pemberdayaan yang lebih efektif di masa mendatang.

Kepala DP3A Kota Bima menyatakan bahwa pihaknya akan terus memantau perkembangan dan keberhasilan program ini, serta siap memberikan bimbingan dan pelatihan lanjutan bagi para penerima manfaat.

Kegiatan pemberdayaan ini disambut dengan antusias oleh masyarakat Kelurahan Rite. Salah seorang penerima bantuan mengungkapkan rasa syukur dan harapannya agar bantuan ini dapat meningkatkan usahanya dalam bidang kuliner lokal.

“Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah yang telah peduli dan memberikan bantuan ini. Semoga usaha kami semakin maju dan berkah,” tuturnya.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan sinergi antara pemerintah dan masyarakat semakin kuat dalam menciptakan lingkungan yang sejahtera dan mandiri, sesuai dengan visi dan misi Kota Bima dalam membangun kesejahteraan sosial yang berkelanjutan dan inklusif.

*Red*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *