Pemuda Pencongkel Rumah Ini, Akhirnya Serahkan Diri

BIMA,OBORbima – Gunawan alias Gun warga desa Panda, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima. Akhirnya menyerahkan diri ke Team Puma Polres Bima, Jumat (6/8/2021) sekitar pukul 10.00 wita. Terduga pelaku pencongkel rumah ini beberapa kali berhasil melarikan diri, setelah mengetahui kedatangan petugas yang hendak menangkapnya.

“Team Puma mengamankan salah satu pelaku Curat bernama Gunawan alias Gun yang sebelumnya sudah dikoordinasikan dengan Bhabinkamtibmas desa Panda,” jelas Kasat Reskrim Polres Bima IPTU Adhar, S. Sos, Sabtu, (7/8/2021).

Pengamananan ini juga berdasar Nomor : ST/821/VI/OPS.1.2./2021 Tanggal 3
Juni 2021 tentang pelaksanaan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD)
dengan sasaran kasus 3C (Curat, Curas, Curanmor) serta Laporan PENGADUAN : P / /VIII/2021/NTB/POLRES BIMA, Tanggal 02 Agustus 2021. tentang tindak pidana Pencurian.

“Korban bernama Ikhsan Setiawan, (27) warga Desa Panda Kecamatan Palibelo, mengadukan atas kasus dugaan pencurian di rumahnya diduga dilakukan terduga pelaku,” kata dia.

Awalnya korban menaruh HP tersebut dibawah bantal tempat tidurnya, saat korban terbangun pada pukul 05.00 WITA, korban tidak menemukan Hp yang disimpannya, namun ada salah satu saksi memberitahukan korban, setelah selesai sholat subuh ada motor Honda Grand warna kuning terparkir di depan rumah.

“Korban pun mengadukan ke SPKT Polres Bima tentang kejadian menimpanya,” kata dia.

Dari hasil keterangan saksi-saksi serta di sinkronkan dengan informasi SP di lapangan yang mengarah pada Gunawan alias Gun, sehingga Team Puma berkoordinasi dengan SP yang di lapangan untuk mencari informasi keberadaan pelaku.

“Selang beberapa saat kemudian team puma mendapatkan informasi terkait keberadaan pelaku oleh SP di lapangan, sehingga melakukan koordinasi dengan Katim Puma untuk melakukan pengejaran terkait kebenaran informasi tersebut, namun bersangkutan berhasil mencium kedatangan petugas dan melarikan diri,” kata dia.

Pada tanggal 3 Agustus Team Puma melakukan pengejaran terhadap pelaku, saat akan dilakukan penangkapan pelaku lebih dulu mengetahui keberadaan team puma, sehingga pelaku berhasil melarikan diri masuk ke pertengahan kampung yang berlokasi di Rumah susun Kota Bima.

“Untuk menghindari reaksi masyarakat yang ada di sekitar, Katim Puma melakukan koordinasi dengan Bhabinkamtibmas desa Panda untuk memberikan pemahaman kepada keluarga pelaku untuk membawa yang bersangkutan ke Polres Bima,” ujar dia.

“Pelaku sudah menyerahkan diri dan dibawa oleh Bhabinkamtibmas desa panda ke Mako Polres Bima dan diserahkan langsug ke Unit Pidum guna proses hukum lebih lanjut,” jelasnya.

(RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *