H. Mohammad Rum: Profesionalisme Panwaslu dan Netralitas ASN Kunci Sukses Pemilu 2024

Pemerintahan298 Dilihat

KOTA BIMA.OBORBIMA.ID –  Penjabat Wali Kota Bima, H. Mohammad Rum, menekankan pentingnya profesionalisme Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2024.

“Keberhasilan Pemilu yang berkualitas sangat bergantung pada integritas dan profesionalisme penyelenggara pemilu, serta netralitas ASN,”ungkap H. Mohammad Rum dalam acara Pelantikan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Bima yang digelar di Ruma Dining, Sabtu 25 Mei 2024.

Beliau mengingatkan, bahwa setiap elemen yang terlibat dalam proses pemilu harus bekerja dengan penuh tanggung jawab dan menjaga netralitas agar proses demokrasi berjalan dengan adil dan transparan.

“Panwaslu memiliki peran yang sangat penting sebagai pengawas dalam setiap tahapan pemilu. Profesionalisme dalam menjalankan tugasnya akan menentukan kredibilitas dan kepercayaan publik terhadap hasil pemilu. Selain itu, netralitas ASN juga merupakan faktor krusial untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan wewenang dan memastikan semua kandidat memiliki kesempatan yang sama,” ujar Rum.

H. Mohammad Rum juga menyoroti pentingnya peran TNI/ Polri dalam mengawal penyelenggaraan pemilu yang jujur, adil dan transparan di Kota Bima.

“Saya menyampaikan apresiasi atas kinerja dan kolaborasi semua pihak terutama TNI/ Polri dalam mengawal kesuksesan penyelenggaraan Pilpres dan pileg serentak beberapa waktu lalu, dimana Kota Bima adalah salah satu daerah terkondusif dan nyaris tanpa gejolak,”pujinya.

H. Mohammad Rum berpesan kepada Panwascam yang baru dilantik untuk selalu memegang teguh prinsip keadilan, transparansi, dan independensi dalam menjalankan tugas mereka.

“Setiap anggota Panwascam harus bekerja dengan dedikasi tinggi dan menjaga integritas pribadi serta lembaga. Pengawasan yang efektif dan netral adalah kunci untuk memastikan proses pemilu berjalan lancar dan demokratis,” tambahnya.

Selain itu, Rum juga mengingatkan kepada seluruh ASN di Kota Bima untuk tetap menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis. Menurutnya, netralitas ASN merupakan salah satu pilar penting dalam menjaga keadilan dan integritas pemilu.

Dengan dilantiknya Panwascam se-Kota Bima, diharapkan proses pengawasan pemilu di setiap kecamatan dapat berjalan lebih efektif dan akuntabel.

“Pemerintah Kota Bima berkomitmen untuk mendukung penuh upaya Panwaslu dalam menciptakan pemilu yang jujur, adil, dan berintegritas tinggi,”tandasnya.

Pelantikan ini menjadi momentum penting untuk menyongsong Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2024 yang berkualitas dan berintegritas.

*Red*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *