Dewan Pendidikan Dorong Sejumlah Sekolah Bentuk Komite Sekolah

Pendidikan130 Dilihat

KOTA BIMA,OBORbima – Dewan Pendidikan Kota Bima sepertinya sangat serius dalam upaya meningkatkan kwalitas pendidikan di wilayah Kota Bima. Salah satunya mendorong sekolah-sekolah agar membentuk Komite sesuai aturan Permendikbud 75 tahun 2010.

Ketua Dewan Pendidikan Kota Bima Drs. Abdul Azis mengatakan, berdasarkan hasil monitoring salama ini, sebagian besar sekolah-sekolah belum membentuk komite. Oleh sebab itu, kami dari dewan pendidikan Dewan pendidikan mendorong sekolah-sekolah agar membentuk komite sekolah.

Kata teta ejo sapaanya, keberadaan komite sekolah harus menjadi kekuatan dan factor pendorong terbentuknya Komite Sekolah yang efektif. Hal tersebut dapat diwujudkan apabila kepala sekolah mampu menggandeng komite sekolah dalam merencanakan, melaksanakan, mengembangkan serta menilai program-program sekolah.

“Adanya pembentukan komite sekolah, masyarakat akan merasa memiliki sekolah. Di sisi lain, sekolah dapat mengurangi ketergantungannya terhadap birokrasi pemerintah,” ungkapnya Senin, 24 Mei 2021.

Ia menjelaskan, komite sekolah merupakan wadah dan tempat menyalurkan aspirasi prakarasa oleh masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di satuan pendidikan.

“Keberadaan Komite Sekolah sangat mendukung dalam penyelenggaraan pendidikan berupa materi maupun non materi. Dukungan yang dilakukan meliputi pemberian peningkatan sumber daya manusia, sarana dan prasarana yang berhubungan dengan pengadaan dan pemeliharaan beberapa fasilitas sekolah yang berkaitan dengan akademik maupun non akademik,” imbuhnya.

=OB.004=

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *