Danrem 162/WB dan Wabup Tanam Ratusan Pohon di Dam Pelaparado

Ragam158 Dilihat

BIMA,OBORbima – Untuk mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor serta mencegah erosi tanah, pada kawasan hutan tutupan Negara Dam Pelaparado, Kabupaten Bima, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rijal Ramdani S, Sos, SH, M. Han, didampingi Wakil Bupati Bima Drs. H Dahlan M. Noer, M. Pd, menanam ratusan pohon penyanggah, Rabu, (21/4/2021).

Selain Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rijal Ramdani S, Sos SH, M. Han dan Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M Nor, hadir juga Kasi Log Korem 162/WB Letkol Inf Fajar Ali Nugraha, Dandim 1608/Bima Teuku Mustafa Kamal, Pasi Ops Korem 162/WB Mayor inf Yuda Bakti, Camat Monta Drs. Nurdin, Camat Parado, Wadanramil Monta Lettu Inf Gontang, Kapolsek Monta IPTU Takim dan Kapolsek Parado Iptu Nasarudin.

Jumlah personil dikerahkan dalam kegiatan penghijauan hutan itu sebanyak 150 orang, terdiri dari anggota Koramil 1608-07/Monta, Anggota polsek Monta, Anggota polsek Parado, Anggota KPH Kabupaten Bima, Pemerintah desa Kecamatan Monta dan pemerintah desa pada 8 Keccamatan di Parado.

“Mari kita sama – sama menjaga alam karena alam sudah mulai marah dengan kita, untuk itu mari kita melestarikan,” ajak Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rijal Ramdani S, Sos, SH, M. Han.

Rijal mengakui, kemarin dirinya sudah berkomunikasi dengan kepala daerah, kedepan akan buat satgas, tahap pertama yang akan dibentuk 10 ha kebun percontohan.

“Sebelum pelaksanaan nanti kita akan studi banding di sumbawa sebagai lahan percontohan,” katanya.

Pelaksanaan kunjungan Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rijal Ramdani S, Sos SH, M. Han rangka penanaman pohon guna pecegahan terjadi banjir di Kabupaten Bima.

“Tujuan penanam pohon agar mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor serta mencegah erosi tanah,” terangnya.

Sementara Wabup Bima Dahlan mengapresiasi adanya penghijauan hutan diinisiasi oleh Danrem dan anggota TNI, dibantu anggota Polri, KPH dan Pemerintah Kecamatan dan desa sekitar.

“Saya berharap pada masyarakat, agar menjaga dan merawat yang ditanam hari ini, hutan semakin gundul, alam mulai marah, bencana alam sudah menimpa sebagian wilayah akibat banjir bandang,” harapnya.

Jangan sampai bencana alam kembali terjadi meluluhlantakan kita semua, yang disebabkan kita tidak bisa menjaga alam. “Mari mulai menjaga alam agar memberikan keamanan bagi kita semua,” ajaknya.

=OB.002=

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *