BKIPM Bima Ekspor 52 Ton Sargassum Kering, Kadis DKP : Kedepan Akan Menargetkan Ekspor Udang

Ragam146 Dilihat

BIMA,OBORbima – Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Bima Ridwan mengatakan, sebanyak 52000 KG Sargassum kering akan diekspor ke Negara China.

Kata dia, pihak BKIPM Bima secara serentak seluruh Indonesia melakukan ekspor raya di setiap wilayah.

“Sargassum yang kita ekspor itu senilai Rp. 300 Juta,” ungkapnya usai mengikuti Vicon Launching
Bulan Mutu dan Ekspor Raya Tahun 2021.

Ia menjelaskan, pada momentum yang diadakan satu kali setahun ini, tujuannya untuk memberikan contoh atau pun pelajaran bagi masyarakat. Agar kedepannya Kabupaten Bima khususnya, tidak hanya menjadi suplayer saja.

“Dan pengusaha-pengusaha kita yang ada di Bima, harus bisa menjadi Eksportir,” katanya.

Diakuinya, pada launching Bulan Mutu dan Ekspor Raya kali ini, tidak hanya melakukan ekspor serentak. Melainkan diselipkan juga kegiatan-kegiatan sosial lainnya.

“Selain ekspor serentak, kegiatan ini juga terdapat kegiatan sosial. Dan nanti bersama anggota DPR RI, H. Muhammad Syafruddin, kita akan turun berikan bantuan untuk korban banjir Bima,” pungkanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima Ir.Hj. Nurma M.Si, mengatakan, kedepannya akan menargetkan Ekspor udang. Udang Vaname ditargetkan penyumbang PAD di tahun selanjutnya.

“Setelah rumput laut, kedepannya kita targetkan Udang Vaname yang kita ekspor. Karena potensinya sangat tinggi di Bima ini,” terangnya.

Ia menerangkan, sekitar 5 perusahaan udang Vaname di Kabupaten Bima akan dijadikan sebagai eksportir. Ekspor udang tersebut akan diupayakan secepatnya.

“Insya Allah dalam waktu dekat, kami dan BKIPM Bima akan mengundang dulu para pengusahanya dan kita bicarakan mengenai hal tersebut,” tandasnya.

=OB.002=

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *